Rabu, 11 Desember 2013

Wisata Religi di Kubah Emas

Kelurahan meruyung 11/12/13 Kemegahan yang terdapat pada Masjid Kubah Emas telah mengundang para wisatawan untuk berkunjung ke tempat ini. Wisatawan tersebut bukan hanya wisatawan domestik, melainkan wisatawan mancanegara juga. Itu karena masjid ini termasuk salah satu masjid termegah di Asia Tenggara. Tentu saja, wisata yang dilakukan di tempat ini merupakan wisata religi.
Masjid Kubah Emas diperuntukkan untuk umum. Namun, ada beberapa bagian yang harus tetap steril seperti bagian menara masjid. Setiap hari Kamis, masjid ini ditutup untuk umum. Hal itu dilakukan para pengurus masjid untuk mempersiapkan ibadah salat Jumat keesokan harinya. Setiap salat Jumat, sedikitnya 5000 jamaah memadati masjid.
Pada akhir pekan, jumlah pengunjung yang datang bisa sekitar 10.000 orang. Namun, pada hari libur panjang pengunjung yang datang ke tempat ini bisa sampai 40.000 orang. Adapun pada hari biasa, pengunjung yang datang tidaklah terlalu banyak.
Sebagai tempat wisata religi, tempat masuk ke dalam Masjid Kubah Emas untuk pengunjung pria dan wanita dibedakan. Selain itu, pengunjung yang datang ke masjid ini ini pun harus menutup aurat. Bahkan, pengunjung wanita harus mengenakan jilbab.
Ada aturan lain yang harus diikuti saat berkunjung ke Masjid Kubah Emas. Pengunjung yang datang dilarang menginjak rumput yang terdapat di taman di sekitar masjid. Saat akan memasuki masjid, alas kaki harus dititipkan ke bagian penitipan, tidak boleh ditinggalkan di bagian luar masjid. Ruang penitipan ini bentuknya sangat mewah seperti sebuah lobi hotel.
Aturan lain yang sangat penting adalah pengunjung dilarang membawa makanan dan minuman saat memasuki area masjid. Anak di bawah usia 9 tahun pun dilarang masuk ke dalam masjid. Hal itu dilakukan agar kegiatan beribadah di dalam masjid dapat dilakukan dengan suasana yang nyaman.
Tempat lain yang dapat dikunjungi di area Masjid Kubah Emas adalah ruang serba guna yang terdapat di seberang masjid. Di ruangan ini biasanya para pengunjung beristirahat dan tetap dapat menikmati keindahan masjid.
Sebagai salah satu tempat wisata religi, di kawasan Masjid Kubah Emas terdapat fasilitas pendukung lain bagi pengunjung. Fasilitas-fasilitas tersebut antara lain mini market, restoran, kios makanan, butik, rumah penginapan, gedung serbaguna, auditorium, gedung Islamic Center, dapur umum, dan toko suvenir. Pengunjung yang berniat membeli oleh-oleh dapat menuju ke toko souvernir untuk membeli beragam oelh-oleh, seperti cangkir, pin, kaos, mukena, sajadah, songkok, dompet, jam, piring, dan lain sebagainya.
Kawasan tempat didirikannya Masjid Kubah Emas tidak hanya didirikan sebagai tempat wisata, namun diperuntukkan juga untuk pengembangan kebudayaan Islam di Indonesia. Selain beberapa bangunan yang telah ada saat ini, di kawasan ini juga akan dibangun lembaga pendidikan seperti pesantren, mulai dari taman kanak-kanak hingga perguruan tinggi. Gedung dakwah sebagai pusat syiar Islam juga akan dibangun di kawasan ini.
Sumber : ormitamedia

KIM Kel.Meruyung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar